Proposal adalah hal yang sangat penting dalam
mengajukan kegiatan resmi, apalagi yang menyangkut instansi resmi. Dalam
artikel ini dibuat contoh proposal pengajuan proyek dalam bidang teknik
informatika yaitu untuk membuat perangkat lunak dengan tujuan tertentu.
Adapun nama perusahaan dan jabatan dalam artikel ini adalah rekayasa semata,
sedangkan nama-nama yang tercantum adalah anggota kelompok dari kelas 4IA18 yang bertugas untuk
tugas pembuatan contoh proposal ini, adapun anggotanya diantaranya adalah :
Agung Arifiyanto (50411325)
Kemas Nur Alam
Muhammad Qodriana (54411924)
Dana Christiadi
Hafiz Alvian
James Olander
Syatria Babullah
Edy Prasetyo
Anugrah Pekerti
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Kesehatan gigi dan mulut
menjadi salah satu masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam
pengembangan kesehatan di Indonesia. Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga(SKRT)
menunjukan bahwa 64,9% anak usia 1-4 tahun tidak menyikat giginya dan hanya
sebanyak 1% anak usia tersebut yang menyikat giginya pada waktu-waktu yang
tepat. Kemudian pada anak sekolah dasar terdapat 23,4% anak yang tidak menyikat
giginya dan hanya sebanyak 5,6% anak yang menyikat giginya pada waktu-waktu
yang tepat. Berdasarkan hal tersebut, dapat diperkirakan bahwa pengetahuan anak
sekolah dasar akan pentingnya kesehatan gigi masih rendah, itu sebabnya mengapa
rentannya kelompok anak usia sekolah dari gangguan kesehatan gigi.
Melihat dari tingginya
persentase kelompok anak usia dasar yang masih minim pengetahuan dalam menyikat
gigi, penyuluhan merupakan metode yang sering digunakan dalam memberikan
informasi hal tersebut selain orangtua dirumah yang mengajarkan sejak dini
tentang bagaimana cara menyikat gigi dan memberikan informasi tentang
pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Dengan dilakukannya penyuluhan di
sekolah-sekolah dasar, besar harapan dapat menurunkan tingginya persentase
ketidaktahuan anak dalam menyikat gigi.
Penyuluhan yang menarik dan
berbeda pastinya akan membuat anak-anak tertarik dalam mendengarkan penyampaian
materi yang disampaikan. Seiring berkembangnya pengetahuan teknologi dan zaman,
kita diperkenalkan dengan teknologi 3D sebagai terobosan baru untuk mempermudah
pekerjaan manusia. Salah satu dari penggunaan teknologi 3D saat ini adalah
menciptakan animasi 3D.
1.2. Tujuan
1. Mempermudah dalam memberikan penyuluhan
dengan sebuah aplikasi
2. Memberikan efek penyuluhan yang berbeda
seperti kebanyakan penyuluhan
3. Menampilkan tempilan 3D dalam contoh
prakteknya.
4. Membantu dokter gigi dalam memberikan
penyuluhan
1.3.
Ruang Lingkup
Adapun ruang lingkup dari aplikasi penyuluhan
kesehatan gigi dan mulut ini adalah:
2.) Terdapat
menu yang menampilkan cara menyikat gigi dengan benar dalam bentuk object 3D
DESKRIPSI PERANGKAT LUNAK
2.1.) Nama
Perangkat Lunak "Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut"
2.2.) Metodologi Pengerjaan
Analisa
dilakukan untuk mendapatkan pokok permasalahan yang ingin dipecahkan
berdasarkan pembahasan mengenai sasaran pemakai aplikasi ketika selesai dibuat
2.) Perancangan aplikasi
Pada
tahap ini dilakukan perancangan dimulai dengan menentukan aplikasi pembantu
yang akan digunakan dalam membuat aplikasi ini. Selanjutnya menentukan
perancangan tampilan untuk setiap form pada aplikasi yang
dibuat.
Dalam
hal ini dibutuhkan tenaga ahli untuk mendesain object 3D yang akan ditampilkan
dalam aplikasi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.
4.) Implementasi
Implementasi
dilakukan setelah rancangan program telah terbentuk. Pada tahap ini akan
dijelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi secara spesifik yaitu dalam hal
pemrograman dan penjelasan logika dari program itu sendiri.
Setelah
aplikasi selesai dibuat, perlu dilakukan sebuah uji coba untuk mengetahui
kemungkinan terjadinya kesalahan yang tak terduga saat perancangan aplikasi.
Proses uji coba dilakukan pada aplikasi yang telah selesai mendapatkan
implementasi script program.
6.) Pengaplikasian dan perawatan
Setelah
kami selesai melakukan uji coba dalam lingkungan kami, maka akan dilakukan uji
coba lapangan dengan mengaplikasikan program ke dalam lingkup masyarakat.
2.3 2.3. Rincian Sistem
Untuk menjelaskan rancangan aplikasi yang dibuat maka
akan ditampilkanstruktur navigasi Penyuluhan Kesehatan Kesehatan Gigi dan Mulut
dari awal program berjalan hingga keluar.
Gambar diatas adalah
gambar struktur navigasi dari aplikasi ini. Secara garis besar aplikasi ini
berisikan tentang informasi mengenai penyakit pada gigi dan animasi tatacara
menyikat gigi. Pada saat memulai program, yang pertama kali di tampilkan kepada
user adalah menu utama. Dimana didalam menu utama terdapat 4
pilihan seperti teori, animasi, about, dan exit yang dapat di
pilih olehuser dengan cara meng-klik salah satu dari pilihan
tersebut.
Jika user memilih pilihan teori pada menu
utama maka user akan dibawa pada menu selanjutnya
yaitu menu teori. Dimana didalam menu teori, user
dapat memilih pilihan penyakit gigi seperti gingivitis, kalkulus,
karies dan anatomi gigi, yang dapat dipilih oleh user dengan
cara meng-klik salah satu dari pilihan tersebut, dan didalam pilihan tersebut
terdapat informasi yang akan memberikan pengetahuan kepada user.
Selain beberapa informasi
mengenai penyakit gigi yang didapatkan oleh user, terdapat juga sebuah simulasi
tentang cara menyikat gigi, jika user memilihanimasi pada menu
utama. Di dalam menu animasi terdapat step-step berupa
tombol, yang dapat dipilih user untuk menggerakan objek gigi dan sikat di dalam
menu tersebut. Dalam setiap step – step pada menu
animasi memiliki gerakan animasi yang berbeda-beda sesuai dengan
simulasi cara menyikat gigi yang disajikan. Selama simulasi berjalan, terdapat
pula penjelasan gerakan yang dilakukan animasi tersebut.
Pilihan lain yang terdapat
di dalam menu utama adalah about dan exit. Dimana
jika user memilih about maka akan di tampilkan halaman yang
berisikan informasi tentang profil si pembuat program. dan
terakhir, exit didalam menu ini digunakan untuk user keluar
dari program ini.
2.4.Teknologi yang Digunakan
Untuk membangun aplikasi
ini kami menggunakan perangkat keras dengan rincian sebagai berikut :
- Processor Intel (R) Core
(TM) i3-380M
- RAM 6 GB
- System type 32 – bit
Oprating System
- VGA Card 4 GB Nividia
- Harddisk 320 GB
Perangkat lunak yang
digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah sebagai berikut :
- Microsoft Windows
& Ultimate 32-bit sebagai operating system
- Software Blender 2.70 untuk
membuat program animasi.
- CorelDraw digunakan
membuat tampilan gambar pada menu program animasi ini.
2.5. Susunan Kepanitiaan
2.6 Rincian Biaya
1.) Kebutuhan
Perangkat Lunak
2.) Kebutuhan
Kepegawaian
PENUTUP
Demikian proposal pembuatan aplikasi Penyuluhan
Kesehatan Gigi Dan Mulut Menggunakan Blender 2.70 ini dibuat. Pada
akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan dengan
baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga pelaksanaan
kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Atas perhatian
dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
Referensi :
Arifiyanto,agung.
2014. Pembuatan Aplikasi Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut.
Bekasi (Penulisan Ilmiah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar