Pilih Warna Kesukaan Anda

Efek Blog
Just a little place where i spend my lost time....: Image and Display -->

Kamis, 31 Oktober 2013

Image and Display

     Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki resolusi tinggi berkisar full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain. Dalam tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang dibangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa *.Avi, dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.

          Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Metode pemodelan obyek disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka object yang didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon.
      
         Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

        Di zaman sekarang, pembuatan image bisa dikaitkan dengan pembuatan game. Dimana nanti game tersebut akan di padu padankan dengan animasi. Game dan animasi adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Animasi itu sendiri adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Animasi berupa rangkaian gambar diam dengan jumlah yang banyak dan bila kita proyeksikan akan terlihat seolah-olah gambar itu hidup dan nyata. Dapat diketahui, animasi sendiri dapat dibuat dengan tiga teknik berbeda, yaitu Image, Xoring serta Make.

       Sedangkan dalam pergerakannya, animasi dibedakan atas dua tipe, yaitu object sprite dan object frame. Dan juga dibedakan lagi kedalam metode animasi yang digunakan antara lain animasi frame, bibliting dan realtime. Tapi kembali lagi, kalau dari kesemuanya itu, antara animasi satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan dan akan saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar