Pilih Warna Kesukaan Anda

Efek Blog
Just a little place where i spend my lost time....: Manusia dan Pandangan Hidup -->

Minggu, 22 April 2012

Manusia dan Pandangan Hidup

          Secara garis besar pandangan hidup berarti sebuah pemikiran, pegangan, pedoman seorang selama hidup di dunia.Dimana pandangan hidup tersebut merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah nya menurut waktu dan tempat hidupnya yang dilewati selama hidup.Terciptanya sebuah pandangan hidup pun bukan serta merta muncul begitu saja, melainkan melalui proses yang panjang dari manusia itu sendiri  sehingga dapat di uji kebenarannya dan dijadikan pegangan untuk hidupnya kelak.
          
          Berdasarkan asalnya , pandangan hidup diklasifikasikan menjadi 3 macam, yakni :
  1.  Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
  2.  Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
  3.  Pandangan hidup hasil renungan yakni pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
           Sejatinya, sebuah pandangan hidup mempunyai 4 unsur, yakni  cita-cita,usaha, keyakinan dan kebajikan.Dari keempat unsur tesebut merupakan suatu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan alias saling berhubungan dan terkait.Berawal dari sebuah cita-cita yang merupakan hak hakiki dari seorang manusia yang dapat terwujud melalui usaha dan perjuangan sehingga tercipta sebuah kebajikan, dimana usaha yang dilakukan merupakan sebuah kemampuan jasmani, kemampuan akal dan pikiran dan kepercayaan pada Tuhan.
            Dan untuk lebih jelasnya, sedikit di bawah ini akan diterangkan dari keempat unsur tesebut.
  1. CITA-CITA
            Adalah sebuah keinginan, tujuan dan harapan yang selau ada dalam pikiran.Faktor-faktor yang mempengaruhi terwujudnya sebuah cita-cita antara lain faktor manusia dimana menentukan kualitas dari manusia tersebut.Dengan usaha yang keras dan perjuangan yang mati-matian alhasil akan mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan yang mana merupakan cita-cita nya dahulu.Selanjutnya ada faktor kondisi yang mana bisa dikatakan adalah suatu situasi dan kondisi yang tak bisa kita prediksikan sebelumnya dan lebih kepada sebuah pemberian yang harus diterima.Dan yang terakhir ialah faktor tingginya cita-cita.Dimana merupakan batas tertinggi dari sebuah hal yang dicita-cita kan oleh seorang manusia.

    2.    KEBAJIKAN

             Merupakan perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan bisa juga dikatakan sebuah aplikasi sebuah perbuatan moral.Untuk melihat suatu kebajikan, kita harus melihat dari tiga segi, yakni manusia sebagai makhluk pribadi, sebagai anggota masyarakat dan manusia sebagai makhluk  TUHAN.

    3.    USAHA atau PERJUANGAN
  
              Adalah sebuah aksi kerja keras dalam mewujudkan sebuah cita-cita.Perjuangan untuk hidup dan hidup adalah perjuangan.Kerja keras pada dasarnya dapat menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat dari si manusia itu sendiri.Sebaliknya menjadi pemalas dapat menjatuhkan harkat dan martabatnya sendiri.Dalam hadis pun juga diterangkan bagaimana seorang manusia harus bekerja keras dengan berusaha untuk mewujudkan keinginannya.

   4.      KEYAKINAN atau KEPERCAYAAN

              Ada tiga filsafat dari seorang Prof.Dr.Harun Nasution yang mengemukakan sebuah keyakinan terhadap pemenuhan cita-cita , yaitu :

              * Aliran Naturalisme
               Yaitu bahwa hidup manusia itu dihubungkan oleh sebuah kekuatan gaib, yang mana dala hal ini dikatakan adalah TUHAN.Maksudnya segala sesuatu yang kita lakukan di dunia tetap akan kembali pada 'restu' dari TUHAN.Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha tetapi yang mengatur dan mewujudkannya adalah TUHAN karena DIA lah yang mengatur ssegalanya di seluruh isi jagad raya ini.
              * Aliran Intelektualisme
               Yaitu sebuah penggunaan akal yang dimiliki seorang manusia.Dengan akal manusia dapat berfikir dan bisa memilih mana yang baik yang lebih mendekati ke logika yang masuk akal dan juga memilih mana yang buruk yang bukan sesuai dengan pemikiran yang ada di otaknya.
              * Aliran Gabungan
               Yaitu gabungan dari kekuatan gaib juga akal.

             Dan yang terakhir adalah penjelasan mengenai bagaimana langkah-langkah kita berpandangan hidup yang baik.Diantaranya adalah :
  1. Mengenal, yaitu mengenal apa itu pandangan hidup dan percaya bahwa setiap manusia memiliki pandangan hidup nya masing-masing.
  2. Mengerti, yaitu mengerti baik-baik mengapa kita harus mempunyai sebuah pandangan hidup.
  3. Menghayati, yaitu menghayati setiap nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah pandangan hidup sekaligus juga memperdalam pengetahuan tentang pandangan hidup itu sendiri.
  4. Meyakini, yaitu merupakan sebuah hal untuk cenderung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai suatu tujuan hidupnya.
  5. Mengabdi, yaitu sebuah bentuk aksi yang terakhir apabila kita sudah memahami dengan baik keempat langkah diatas.Merupakan sebuah hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima dengan baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain.
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar